Jumat, 07 Maret 2014

Lamaran Pekerjaan

Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth :
Bag. HRD PT. Prima Daya Andalan
Kebon Jeruk - Jakarta Barat

Dengan hormat,
Bpk. Ageng Setiawan, seorang asisten editor di PT Prima Daya Andalan, menginformasikan kepada saya tentang rencana pengembangan dan penambahan tenaga di Departement Finansial PT Prima Daya Andalan

Sehubungan dengan hal tersebut, dengan ini perkenankan saya mengajukan diri untuk bergabung serta menjadi bagian dalam rencana pengembangan PT Prima Daya Andalan
Mengenai diri saya, dapat saya jelaskan sebagai berikut :
Nama :  Friska Amelia Andriyani
Tempat & tgl. lahir :  Jakarta, 12 April 1994
Pendidikan Akhir : Sekolah Menengah Atas
Alamat :  Taman Cikunir Indah Blok B2 no. 17 RT/RW: 003/018, jakasetia. Bekasi Selatan
Telepon (HP) :  089655777xxx
e-mail :  friskameliandriyani@gmail.com
Status Perkawinan :  Belum Menikah
Saat ini saya bekerja di PT. Emas Murni Sejati, sebagai staf Pembukuan dan Perpajakan, dengan fokus utama pekerjaan di bidang entri data keuangan dan perpajakan.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

  • Daftar Riwayat Hidup.
  • Foto copy ijazah SMA.
  • Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
  • Pas foto terbaru.
Besar harapan saya untuk diberi kesempatan wawancara, dan dapat menjelaskan lebih mendalam mengenai diri saya. Seperti yang tersirat di resume (riwayat hidup), saya mempunyai latar belakang pendidikan, pengalaman potensi dan seorang pekerja keras.
Demikian saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian Bapak.


Hormat saya,


Friska Amelia Andriyani

Hambatan – Hambatan dalam Komunikasi Bisnis

HAMBATAN - HAMBATAN KOMUNIKASI BISNIS

Secara sistematis macam-macam hambatan yang terjadi dalam komunikasi dapat dibagi kedalam beberapa bagian :
Gangguan tekhnis
Gangguan sematik
Gangguan psikologis
Gangguan fisik
Gangguan status
Gangguan kerangka berfikir
Gangguan kepentingan
Gangguan prasangka
Gangguan motivasi
Gangguan evasi (menyesatkan pengertian

Hambatan dalam komunikasi bisnis terbagi dalam 3 bagian, yaitu:

  • Hambatan Teknis
    Hambatan jenis ini timbul karena lingkungan yang memberikan dampak pencegahan terhadap kelancaran pengiriman dan penerimaan pesan. Dari sisi teknologi keterbatasan fasilitas dan peralatan komunikasi, akan semakin berkurang dengan adanya temuan baru di bidang teknologi komunikasi dan sistim informasi, sehingga saluran komunikasi dalam media komunikasi dapat diandalkan serta lebih efisien.
  • Hambatan Semantik
    Gangguan semantik menjadi hambatan dalam proses penyampaian pengertian atau idea secara efektif. Definisi semantik adalah studi atas pengertian, yang diungkapkan lewat bahasa. Suatu pesan yang kurang jelas, akan tetap menjadi tidak jelas bagaimanapun baiknya transmisi.
    Untuk menghindari mis-komunikasi semacam ini, seorang komunikator harus memilih kata-kata yang tepat dan sesuai dengan karakteristik komunikannya, serta melihat dan mempertimbangkan kemungkinan penafsiran yang berbeda terhadap kata-kata yang digunakannya.
  • Hambatan Manusiawi
    Hambatan jenis ini muncul dari masalah-masalah pribadi yang dihadapi oleh orang-orang yang terlibat dalam komunikasi, baik komunikator maupun komunikan.

Menurut Cruden dan Sherman, hambatan ini mencakup :

  1. Hambatan yang berasal dari perbedaan individual manusia, seperti perbedaan persepsi, umur, keadaan emosi, status, keterampilan mendengarkan, pencarian informasi, penyaringan informasi.
  2. Hambatan yang ditimbulkan oleh iklim psikologis dalam organisasi atau lingkungan sosial dan budaya, seperti suasana dan iklim kerja serta tata nilai yang dianut


STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS

STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS

Terminologi Komunikasi Bisnis
          Komunikasi merupakan aktivitas dasar manusia. Dengan berkomunikasi, manusia dapat saling berhubungan satu sama lain baik dalam kehidupan sehari-hari di rumah tangga, di tempat pekerjaan, di pasar, dalam masyarakat atau di mana saja manusia berada.
          Komunikasi bisnis adalah pertukaran gagasan, pendapat, informasi, instruksi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau kelompok melalui simbol - simbol atau sinyal bisnis.

Unsur Pokok dalam Komunikasi Binis Dalam KOMUNIKASI BISNIS terdapat enam unsur pokok, yaitu:

  1. Memiliki tujuan, artinya komunikasi bisnis harus memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan tujuan organisasi.
  2. Pertukaran, dalam hal ini melibatkan paling tidak dua orang atau lebih yakni komunikator dan komunikan.
  3. Gagasan, opini, informasi, instruksi merupakan isi dari pesan yang bentuknya beragam tergantung tujuan, situasi, dan kondisinya.
  4. Menggunakan saluran personal atau Kelompok yang mungkin bersifat tatap muka, menggunakan media tertentu atau melalui media yang menjangkau jutaan orang secara bersamaan.
  5. Meggunakan simbol atau sinyal yang merupakan alat atau metode yang dapat dimengerti atau dipahami oleh penerima untuk menyampaikan pesan.
  6. Pencapaian tujuan organisasi: salah satu karakteristik yang membedakan organisasi atau lembaga formal dari informasi adalah adanya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.

Tujuh Elemen Penting dalam KOMUNIKASI BISNIS :
  1. STRUKTUR : Bagaimana struktur komunikasi anda adalah dasar untuk mudah diserap dan dipahami oleh audiens anda. Setiap komunikasi yang baik harus memiliki tiga unsur struktural yaitu : (1) Membuka, (2) Tubuh, (3) Menutup. Tidak perduli apa bentuk komunikasi Anda, misalkan : memo, panggilan telepon, pesan voice mail, presentasi pribadi, pidato, email, halaman Web, atau presentasi multi-media. Komunikasi audiens anda, mungkin bisa hanya satu orang, sebuah tim kecil, kelompok orang bisa dalam skala nasional bahkan global.
  2. KEJELASAN : Messaqe yang anda ingin sampaikan harus jelas, dan jangan memberikan pesan yang membingungkan untuk audiens anda, supaya pesan anda tidak diabaikan.
  3. KONSISTENSI : Informasi bisnis yang anda sampaikan jangan sampai inkonsistensi dari pesan yang telah anda sampaikan kepada pelanggan anda.
  4. PILIHAN : Komunikasi Bisnis yang harus anda lakukan dengan menggunakan presentasi, pameran, ceramah, seminar, road show dll.
  5. RELEVANSI : Realitas psikologis adalah bahwa konsumen tertarik pada subjek komunikasi bisnis , karena figur atau sesuatu yang di idolakan.
  6. JANGKA WAKTU : Hal ini penting untuk mengetahui Kekuatan Komunikasi Bisnis atas sebuah produk barang atau jasa bisa diingat lebih lama oleh konsumen atau pelanggan.
  7. PSIKOLOGIS ATURAN 7±2 (tujuh plus / minus dua) : Konsumen anda hanya mampu menerima pada antara lima dan sembilan informasi pada satu waktu.