PROPOSAL USAHA
Dibuat oleh:
Nama :
Friska Amelia Andriyani
NPM : 53212058
Kelas :
2DF02
BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar
Belakang
Usaha
merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan memperoleh hasil berupa
keuntungan, upah, atau laba usaha. Sebuah uasaha harus didasari terlebih dahulu
perencanaan, karena perencanaan usaha merupakan suatu dokumen yang menyatakan
keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk menjual barang atau jasa dengan
menghasilkan keuntungan yang memuaskan dan menarik bagi penyandang dana.
Perencanaan
usaha akan membuat kita dapat melihat dengan jelas apakah usaha yang dijalankan
nanti memiliki prospek keberhasilan yang tinggi dan juga harus bisa menyakinkan
orang lain tidak akan merugi bila melakukan kerjasama.
Perencanaan
usaha juga harus didasarkan pada kebutuhan masyarakat akan adanya barang dan
jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut, sehingga perencanaan usaha harus
berbasis pada permintaan pasar. “Seorang pengusaha yang tidak bisa membuat
perencanaan usaha sebenarnya sedari awal telah merencanakan kegagalan bagi
kegiatan usahanya”. Perencanaan usaha harus dapat menjawab pertanyaan: “Where am I now? Where am I going? How will I
get there?” Untuk itu saya mencoba berwirausaha dibidang makanan ringan
yaitu “Mih Lidi Se-hot”.
BAB
II
LANDASAN
TEORI
Banyak
makanan ringan yang dijual dipasaran tidak higienis dengan harga yang cukup
mahal. Namun kami ingin berinovasi membuat makanan ringan yang dapat menjamin
dan menjaga kualitas bahan baku yang digunakan, bergizi, serta harga yang
terjangkau serta berbeda dari produk kebanyakan.
Dalam proses berjalannya usaha “Mih Lidi Se-hot” ini, perusahaan kami membentuk suatu bagan
organisani yang sudah memiliki peranan dan tanggung jawabnya masing-masing.
Data Perusahaan
1.
|
Nama
Perusahaan
|
Se-hot Company
|
2.
|
Bidang Usaha
|
Kuliner
|
3.
|
Jenis
Produk/Jasa
|
Kroket Sayur
|
4.
|
Alamat
Perusahaan
|
Taman Cikunir Indah B2 no.17
|
5.
|
Nomer
Telephone
|
021-8205220
|
6.
|
Alamat Email:
Alamat
Twitter:
Alamat
Facebook:
|
www.se-hot.jimdo.com
@seuhahh_ctot
Seuhaah Ctot
|
7.
|
Bank
Perusahaan
|
-
|
8.
|
Bentuk Badan
Hukum
|
-
|
9.
|
No Akte
Pendirian
|
-
|
10.
|
NPWP
|
-
|
11.
|
Mulai Berdiri
|
1 Januari 2010
|
Struktur Organisasi
1.
|
Nama
|
Friska
Amelia Andriyani
|
2.
|
Jabatan
|
General
Manager
|
3.
|
Tempat,
tanggal lahir
|
Jakarta,
12 April 1994
|
4.
|
Alamat
rumah
|
Perum
Taman Cikunir Indah Blok B2 no.17
|
5.
|
Nomer
telephon
|
089655778910
|
6.
|
Alamat
email
|
|
7.
|
Pendidikan
terakhir
|
Sarjana
Ekonomi
|
8.
|
Pengalaman
kerja
|
Wirausaha
|
Tugas CEO:
·
Pemilik sekaligus pimpinan
·
Bertanggung jawab teradap jalannya usaha
·
Koordinasi, pengawas, dan mengarahkan seluruh kegiatan
·
Pengambil keputusan
·
Sebagai quality control
1.
|
Nama
|
Sallyardi
Yustan
|
2.
|
Jabatan
|
Production Manager
|
3.
|
Tempat, tanggal lahir
|
Bekasi, 13 Juli 1992
|
4.
|
Alamat rumah
|
Kp. cibitung
|
5.
|
Nomer telephon
|
089655667789
|
6.
|
Alamat email
|
|
7.
|
Pendidikan terakhir
|
SMA
|
8.
|
Pengalaman kerja
|
Wirausaha
|
Tugas Production Manager:
·
Kepala bagian produksi mengkondisikan pekerja di
bawahnya untuk bekerja sesuai jobdis
·
Bertanggung jawab terhadap persiapan dan proses
produksi
·
Bertanggung jawab terhadap makanan yang dipesan
konsumen
·
Menjaga kebersihan produk dalam proses produksi
·
Cekatan dalam menjaga mutu produk, baik cita rasa,
aroma, ataupun tekstur
·
Mengemas hasil produksi
1.
|
Nama
|
Siti Rohaeni
|
2.
|
Jabatan
|
Financial Manager
|
3.
|
Tempat, tanggal lahir
|
Jakarta, 17 Oktober 1961
|
4.
|
Alamat rumah
|
Taman Cikunir Indah
|
5.
|
Nomer telephon
|
083873244297
|
6.
|
Alamat email
|
|
7.
|
Pendidikan terakhir
|
SMK
|
8.
|
Pengalaman kerja
|
Wirausaha
|
Tugas Financial Manager:
·
Kepala
bagian keuangan mengkondisikan pekerja di bawahnya untuk bekerja sesuai jobdisk
·
Melaksanakan
kegiatan keuangan dan administrasi
1.
|
Nama
|
Teguh Sudarmono
|
2.
|
Jabatan
|
Marketing manager
|
3.
|
Tempat, tanggal lahir
|
jakarta, 25 Februari 1986
|
4.
|
Alamat rumah
|
Taman cikunir indah
|
5.
|
Nomer telephon
|
08967800123
|
6.
|
Alamat email
|
|
7.
|
Pendidikan terakhir
|
SMA
|
8.
|
Pengalaman kerja
|
Wirausaha
|
Tugas Marketing Manager:
·
Mempromosikan
dan menawarkan produk yang dimiliki perusahaan melalui berbagai media
Di dalam Bagan Organisasi diatas
masing-masing anggota memiliki tugas,peranan, dan tanggung jawabnya
masing-masing. Setiap peranan tersebut harus dijalankan dengan sebaik mungkin,
supaya usaha yang kami buat dapat berkembang dan maju. Serta didalam memulai
suatu usaha setiap anggota harus dapat saling bekerja sama dan bertanggung
jawab dalam menjalankan peranan dan tugasnya masing-masing.
BAGAN
ORGANISASI
BAB
III
ANLISIS
PEMASARAN
Produk Yang
Dihasilkan
Keistimewaan
Mih Lidi Se-hot ini diantaranya:
·
Tersedia dengan banyak varian rasa:
extra pedas, pedas sedang, keju, keju pedas, barbeque, sambal balado, pizza,
jagung bakar, rumput laut, jagung bakar pedas, original asin gurih, sapi lada
hitam, jagung manis, rending, sambal hijau pedas.
·
Hidangan siap saji yang dapat di terima
oleh semua kalangan baik dari anak kecil sampai orang dewasa
·
Harga relative terjangkau untuk semua
kalangan
·
Sajian makanan yang bergizi dan enak
Bauran
Pemasaran/Analisis 4P
1.
Product
·
Type :
Mih Lidi
·
Brand :
Se-hot company
·
Quality :
Tanpa Bahan Pengawet
·
Packing: Menggunakan Plastik dan di pres
agar tetap renyah
2.
Price
·
Price List: Rp. 1500,- /pcs
3. Promotion
·
Advertising : Menggunakan media jejaring social
·
Sales Promotion : Mempromosikan penjualan kepada pelanggan
·
Personal Selling : Menjual kepada pelanggan secara langsung
4.
Place
·
Berlokasi di wilayah Universitas
Gunadarma, di pinggir jalan dan di bazaar
Target dan
Segmentasi Pasar
·
Geografi
1. Wilayah
yang kita jadikan target yaitu wilayah di daerah kalimalang. Alasan kita memilih lokasi di kalimalang karena di daerah
ini masih jarang yang menjual Kroket dengan tambahan olahan sayuran.
2. Kami
melihat banyaknya produk makanan siap saji yang mudah dikembangkan dengan pesat
di wilayah ini. terlebih tingkat responsifitas masyarakat di wilayah ini kepada
makanan bergizi sangat tinggi dan antusias, sehingga kami memanfaatkan.
·
Demografi
Secara pasar kami
menjual pada kalangan penggemar kuliner, mahasiswa dan anak-anak karena dengan
sasaran itu kami dapat dengan mudah memperoleh informasi pasar
Strategi
Pemasaran
1.
Perkenalan
bisnis
Produk yang kami
tawarkan merupakan makanan yang lezat, bergizi dan harganya terjangkau. produk
kami bernama “Mih Lidi Se-hot” yaitu mie yang sangat baik di konsumsi oleh
masyarakat. Kroket ini berbeda dengan yang lain karena kami menciptakan banyak
varian rasa dan tidak mudah basi.
2.
Membangun
jaringan dengan usaha lain yang dapat mendukung bisnis
Mih Lidi ini berbahan
baku seperti tepung terigu, garam, penyedap rasa, dan minyak kelapa sawit. Oleh
karena itu kami berniat bekerja sama kepada pabrik pembuat mie yang sudah pasti
kualitasnya.
3.
Menciptakan
inovasi pada design yang di tawarkan
Produk kami ini yang
pertama: Mih Lidi ini untuk kedepannya kami berinovasi untuk membuat dengan
bentuk yang berbeda.
4.
Meningkatkan
kualitas pelayanan
Setelah melakukan
penjualan kami meminta kepada konsumen untuk mengkritik dan memberikan saran
pada produk kita. maka kita akan meningkatkan kualitas dan tingkat rasa untuk
memuaskan konsumen.
5.
Media
pemasaran
Kami akan mempromosikan
produk kami dengan menggunakan jejaring social.
RINCIAN
BIAYA
o
1 kg Tepung terigu : Rp. 12.500,-
o
1 bungkus Garam : Rp. 5.000,-
o
Penyedap rasa : Rp. 15.000,-
o
1 liter Minyak kelapa sawit : Rp. 21.000,-
BAB
IV
PEMBAHASAN
MASALAH
A. STRENGTH (kekuatan)
1. Menggunakan
bahan dan proses yang berkualitas
2.
Proses
pembuatannya mudah dan sederhana
3.
Kualitas
rasa dan tekstur produk yang khas (beda dengan yang lain).
4.
Harga jual
terjangkau
5.
Memanfaatkan
e-mail untuk mempromosikan produk melalui internet.
6.
Kemasan
menarik
7.
Kualitas
produk terjamin
B. WEAKNESS (kelemahan)
1. Rapuh
/ mudah patah
2.
Harga bahan
baku yang relatif tidak menentu (stabil)
3.
Manejemen
perusahaan masih sederhana
C.
OPPORTUNITIES
(peluang)
1. Banyak
di sukai berbagai kalangan
2.
Pertumbuhan
pasar dimungkinkan meningkat
3.
Peluang
pasar untuk mendapatkan konsumen yang menjanjikan
4. Keterbukaan
untuk menggunakan teknologi baru ke depannya untuk membuat kemajuan besar dibidang produksi khususnya.
D. THREATS (ancaman)
1. Banyaknya
pesaing di bidang yang sama
2.
Selera
konsumen yang selalu berubah – ubah mempunyai pengaruh yang besar terhadap
pembelian produk
3.
Munculnya
pesaing baru
BAB V
KESIMPULAN
Dalam pembuatan perencanaan bisnis harus
memperhatikan hal-hal penting. Sebelum membuat perencanaan bisnis harus
terlebih dahulu menganalisa kondisi lingkungan bisnis antara lain yaitu
lingkungan ekonomi, lingkungan industri, lingkungan global karena dengan
mengetahui kondisi dari lingkungan, kita dapat mengetahui kelebihan,
kekurangan, kesempatan, maupun hambatan dari usaha yang akan kita bangun.
Setelah kita mengetahui kondisi lingkungan,
kita harus membuat rencana manajemen yaitu merancang struktur organisasi,
menentukan proses produksi serta membuat perencanaan mengenai pengelolaan
pegawai. Karena dengan perencanaan manajemen, perusahaan dapat menentukan job description para
pegawai demi terciptanya keefektifan dan keefisienan lingkungan kerja.
Hal terakhir yang harus dilakukan adalah
membuat perencanaan keuangan karena banyak sekali perusahaan yang gulung tikar
akibat tidak membuat perencanaan keuangan dengan baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar