PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Usaha
merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan memperoleh hasil berupa
keuntungan, upah, atau laba usaha. Sebuah uasaha harus didasari terlebih dahulu
perencanaan, karena perencanaan usaha merupakan suatu dokumen yang menyatakan
keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk menjual barang atau jasa dengan
menghasilkan keuntungan yang memuaskan dan menarik bagi penyandang dana.
Perencanaan
usaha akan membuat kita dapat melihat dengan jelas apakah usaha yang dijalankan
nanti memiliki prospek keberhasilan yang tinggi dan juga harus bisa menyakinkan
orang lain tidak akan merugi bila melakukan kerjasama.
Perencanaan
usaha juga harus didasarkan pada kebutuhan masyarakat akan adanya barang dan
jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut, sehingga perencanaan usaha harus
berbasis pada permintaan pasar. “Seorang pengusaha yang tidak bisa membuat
perencanaan usaha sebenarnya sedari awal telah merencanakan kegagalan bagi
kegiatan usahanya”. Perencanaan usaha harus dapat menjawab pertanyaan: “Where am I now? Where am I going? How will I
get there?” Untuk itu saya mencoba berwirausaha dibidang makanan ringan
yaitu “Mih Lidi Se-hot”.
BUSINESS
PLAN
SWOT
A.
STRENGTH
(kekuatan)
o
Cita rasa yang mudah di terima
o
Menggunakan bahan dan proses yang
berkualitas
B.
WEAKNESS
(kelemahan)
o
Rapuh / mudah patah
C.
OPPORTUNITIES
(peluang)
o
Banyak di sukai berbagai kalangan
D.
THREATS
(ancaman)
o
Banyaknya pesaing di bidang yang sama
TOWS
A.
THREATS
(SO)
o
Memberikan promosi dan memperluas
sasaran pasar
B.
OPPORTUNITIES
(WO)
o
Membuat inovasi baru dalam penjualan.
C.
WEAKNESS
(ST)
o
Memberikan harga yang terjangkau sesuai
dengan kualitas
D.
STRENGTH
(WT)
o
Mampu bersaing dengan competitor lain
dan kami akan memperbaiki kekurangannya
DESKRIPSI PERUSAHAAN
Data Perusahaan
Nama perusahaan : Se-hot Company
Jenis usaha / jasa : Kuliner
Alamat perusahaan : Taman
Cikunir Indah B2 no.17
Nomor telp : 021-8205220
Alamat Website : www.se-hot.jimdo.com
Email : seuhahh_ctot@yahoo.com
Twitter :
@seuhahh_ctot
Facebook :
Seuhaah Ctot
Mulai Berdiri : 1 Januari 2010
ANALISIS PERUSAHAAN
Produk Yang
Dihasilkan
Keistimewaan
Mih Lidi Se-hot ini diantaranya:
·
Tersedia dengan banyak varian rasa:
extra pedas, pedas sedang, keju, keju pedas, barbeque, sambal balado, pizza,
jagung bakar, rumput laut, jagung bakar pedas, original asin gurih, sapi lada
hitam, jagung manis, rending, sambal hijau pedas.
·
Hidangan siap saji yang dapat di terima
oleh semua kalangan baik dari anak kecil sampai orang dewasa
·
Harga relative terjangkau untuk semua
kalangan
·
Sajian makanan yang bergizi dan enak
RENCANA PRODUKSI
Bahan baku pembuatan
o
Tepung terigu
o
Garam
o
Penyedap rasa
o
Minyak kelapa sawit
RENCANA PEMASARAN
Bauran
Pemasaran/Analisis 4P
1.
Product
·
Type :
Mih Lidi
·
Brand :
Se-hot company
·
Quality :
Tanpa Bahan Pengawet
·
Packing: Menggunakan Plastik dan di pres
agar tetap renyah
2.
Price
·
Price List: Rp. 1500,- /pcs
3. Promotion
·
Advertising : Menggunakan media jejaring social
·
Sales Promotion : Mempromosikan penjualan kepada pelanggan
·
Personal Selling : Menjual kepada pelanggan secara langsung
4.
Place
·
Berlokasi di wilayah Universitas
Gunadarma, di pinggir jalan dan di bazaar
Target dan
Segmentasi Pasar
·
Geografi
1. Wilayah
yang kita jadikan target yaitu wilayah di daerah kalimalang. Alasan kita memilih lokasi di kalimalang karena di daerah
ini masih jarang yang menjual Kroket dengan tambahan olahan sayuran.
2. Kami
melihat banyaknya produk makanan siap saji yang mudah dikembangkan dengan pesat
di wilayah ini. terlebih tingkat responsifitas masyarakat di wilayah ini kepada
makanan bergizi sangat tinggi dan antusias, sehingga kami memanfaatkan.
·
Demografi
Secara pasar kami
menjual pada kalangan penggemar kuliner, mahasiswa dan anak-anak karena dengan
sasaran itu kami dapat dengan mudah memperoleh informasi pasar
Strategi Pemasaran
1.
Perkenalan
bisnis
Produk yang kami
tawarkan merupakan makanan yang lezat, bergizi dan harganya terjangkau. produk
kami bernama “Mih Lidi Se-hot” yaitu mie yang sangat baik di konsumsi oleh
masyarakat. Kroket ini berbeda dengan yang lain karena kami menciptakan banyak
varian rasa dan tidak mudah basi.
2.
Membangun
jaringan dengan usaha lain yang dapat mendukung bisnis
Mih Lidi ini berbahan
baku seperti tepung terigu, garam, penyedap rasa, dan minyak kelapa sawit. Oleh
karena itu kami berniat bekerja sama kepada pabrik pembuat mie yang sudah pasti
kualitasnya.
3.
Menciptakan
inovasi pada design yang di tawarkan
Produk kami ini yang
pertama: Mih Lidi ini untuk kedepannya kami berinovasi untuk membuat dengan
bentuk yang berbeda.
4.
Meningkatkan
kualitas pelayanan
Setelah melakukan
penjualan kami meminta kepada konsumen untuk mengkritik dan memberikan saran
pada produk kita. maka kita akan meningkatkan kualitas dan tingkat rasa untuk
memuaskan konsumen.
5.
Media
pemasaran
Kami akan mempromosikan
produk kami dengan menggunakan jejaring social.
RENCANA PERMODALAN
Modal Usaha
Modal Sendiri :
Rp. 1.000.000,-
Modal Investor : Rp. 1.500.000,-
RENCANA ORGANISASI
Struktur Organisasi
CEO : Friska Amelia
Andriyani .SE
General Meneger : Sallyardi Yustan .S.OR
Financial Manager : Supriyono .S.SOS
Marketing Manager : Teguh Sudarmono .S.IT
Production Manager : Siti Rohaeni .SE
wah bagus gan usahanaya sama seperti yg ane pikirkan jg tentang mie lidi.... izin copas ya buat tugas
BalasHapus