Rabu, 09 Oktober 2013

contoh makalah bussines plan

PENDAHULUAN
Latar Belakang
Usaha merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan memperoleh hasil berupa keuntungan, upah, atau laba usaha. Sebuah uasaha harus didasari terlebih dahulu perencanaan, karena perencanaan usaha merupakan suatu dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk menjual barang atau jasa dengan menghasilkan keuntungan yang memuaskan dan menarik bagi penyandang dana.
Perencanaan usaha akan membuat kita dapat melihat dengan jelas apakah usaha yang dijalankan nanti memiliki prospek keberhasilan yang tinggi dan juga harus bisa menyakinkan orang lain tidak akan merugi bila melakukan kerjasama.
Perencanaan usaha juga harus didasarkan pada kebutuhan masyarakat akan adanya barang dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut, sehingga perencanaan usaha harus berbasis pada permintaan pasar. “Seorang pengusaha yang tidak bisa membuat perencanaan usaha sebenarnya sedari awal telah merencanakan kegagalan bagi kegiatan usahanya”. Perencanaan usaha harus dapat menjawab pertanyaan: “Where am I now? Where am I going? How will I get there?” Untuk itu saya mencoba berwirausaha dibidang makanan ringan yaitu “Mih Lidi Se-hot”.

BUSINESS PLAN
SWOT
A.    STRENGTH (kekuatan)
o   Cita rasa yang mudah di terima
o   Menggunakan bahan dan proses yang berkualitas
B.     WEAKNESS (kelemahan)
o   Rapuh / mudah patah
C.    OPPORTUNITIES (peluang)
o   Banyak di sukai berbagai kalangan
D.    THREATS (ancaman)
o   Banyaknya pesaing di bidang yang sama

TOWS
A.    THREATS (SO)
o   Memberikan promosi dan memperluas sasaran pasar
B.     OPPORTUNITIES (WO)
o   Membuat inovasi baru dalam penjualan.
C.    WEAKNESS (ST)
o   Memberikan harga yang terjangkau sesuai dengan kualitas
D.    STRENGTH (WT)
o   Mampu bersaing dengan competitor lain dan kami akan memperbaiki kekurangannya

DESKRIPSI PERUSAHAAN

Data Perusahaan
Nama perusahaan        : Se-hot Company
Jenis usaha / jasa         : Kuliner
Alamat perusahaan      : Taman Cikunir Indah B2 no.17
Nomor telp                  : 021-8205220
Alamat Website          : www.se-hot.jimdo.com
Email               : seuhahh_ctot@yahoo.com
Twitter                        : @seuhahh_ctot
 Facebook        : Seuhaah Ctot
Mulai Berdiri               : 1 Januari 2010

ANALISIS PERUSAHAAN

Produk Yang Dihasilkan
Keistimewaan Mih Lidi Se-hot ini diantaranya:
·         Tersedia dengan banyak varian rasa: extra pedas, pedas sedang, keju, keju pedas, barbeque, sambal balado, pizza, jagung bakar, rumput laut, jagung bakar pedas, original asin gurih, sapi lada hitam, jagung manis, rending, sambal hijau pedas.
·         Hidangan siap saji yang dapat di terima oleh semua kalangan baik dari anak kecil sampai orang dewasa
·         Harga relative terjangkau untuk semua kalangan
·         Sajian makanan yang bergizi dan enak

RENCANA PRODUKSI

Bahan baku pembuatan
o   Tepung terigu
o   Garam
o   Penyedap rasa
o   Minyak kelapa sawit

RENCANA PEMASARAN

Bauran Pemasaran/Analisis 4P
1.      Product
·         Type    : Mih Lidi
·         Brand  : Se-hot company
·         Quality            : Tanpa Bahan Pengawet
·         Packing: Menggunakan Plastik dan di pres agar tetap renyah

2.      Price
·         Price List: Rp. 1500,- /pcs

3.      Promotion
·         Advertising                 : Menggunakan media jejaring social
·         Sales Promotion          : Mempromosikan penjualan kepada pelanggan
·         Personal Selling           : Menjual kepada pelanggan secara langsung

4.      Place
·         Berlokasi di wilayah Universitas Gunadarma, di pinggir jalan dan di bazaar

Target dan Segmentasi Pasar
·         Geografi
1.   Wilayah yang kita jadikan target yaitu wilayah di daerah kalimalang. Alasan kita  memilih lokasi di kalimalang karena di daerah ini masih jarang yang menjual Kroket dengan tambahan olahan sayuran.
2.   Kami melihat banyaknya produk makanan siap saji yang mudah dikembangkan dengan pesat di wilayah ini. terlebih tingkat responsifitas masyarakat di wilayah ini kepada makanan bergizi sangat tinggi dan antusias, sehingga kami memanfaatkan.

·         Demografi
Secara pasar kami menjual pada kalangan penggemar kuliner, mahasiswa dan anak-anak karena dengan sasaran itu kami dapat dengan mudah memperoleh informasi pasar

Strategi Pemasaran
1.      Perkenalan bisnis
Produk yang kami tawarkan merupakan makanan yang lezat, bergizi dan harganya terjangkau. produk kami bernama “Mih Lidi Se-hot” yaitu mie yang sangat baik di konsumsi oleh masyarakat. Kroket ini berbeda dengan yang lain karena kami menciptakan banyak varian rasa dan tidak mudah basi.
2.      Membangun jaringan dengan usaha lain yang dapat mendukung bisnis
Mih Lidi ini berbahan baku seperti tepung terigu, garam, penyedap rasa, dan minyak kelapa sawit. Oleh karena itu kami berniat bekerja sama kepada pabrik pembuat mie yang sudah pasti kualitasnya.
3.      Menciptakan inovasi pada design yang di tawarkan
Produk kami ini yang pertama: Mih Lidi ini untuk kedepannya kami berinovasi untuk membuat dengan bentuk yang berbeda.
4.      Meningkatkan kualitas pelayanan
Setelah melakukan penjualan kami meminta kepada konsumen untuk mengkritik dan memberikan saran pada produk kita. maka kita akan meningkatkan kualitas dan tingkat rasa untuk memuaskan konsumen.
5.      Media pemasaran
Kami akan mempromosikan produk kami dengan menggunakan jejaring social.

RENCANA PERMODALAN

Modal Usaha
Modal Sendiri             : Rp. 1.000.000,-
Modal Investor           : Rp. 1.500.000,-

RENCANA ORGANISASI

Struktur Organisasi
CEO                            : Friska Amelia Andriyani .SE
General Meneger         : Sallyardi Yustan .S.OR
Financial Manager       : Supriyono .S.SOS
Marketing Manager     : Teguh Sudarmono .S.IT
Production Manager   : Siti Rohaeni .SE

1 komentar:

  1. wah bagus gan usahanaya sama seperti yg ane pikirkan jg tentang mie lidi.... izin copas ya buat tugas

    BalasHapus