Selasa, 21 Mei 2013

Sejarah Donal Bebek


Donal Bebek

D
onal Bebek adalah salah satu karakter Disney yang merupakan seekor bebek yang sering ditampilkan mengenakan baju pelaut biru / kelasi tanpa celana. Donal tampil pertama kali pada tanggal 9 Juni 1934 dalam kartun "The Wise Little Hen".
Menurut kartun Donald Gets Drafted (1942), nama lengkap Donal Bebek adalah Donal Fauntleroy Bebek (nama tengahnya merupakan referensi untuk topi pelautnya yang merupakan aksesoris untuk baju Fauntleroy). Situs Disney juga menyatakan bahwa namanya adalah Donal Fauntleroy Bebek dan sebuah episode dalam film Quack Pack juga menyatakan hal yang sama.
Karakter Donal dengan suara khasnya merupakan hasil kerja dari pengisi suaranya, yaitu Clarence "Ducky" Nash. Karyanya inilah yang berhasil mengangkat Donal dan tertanam pada pemirsanya sebagai karakter dengan ciri khas yang unik.
Sifat Donal yang paling terkenal adalah sifatnya yang mudah marah. Dia juga sering dipecat dan berganti-ganti pekerjaan, namun itu menunjukan bahwa dia lebih terampil dari karakter Disney lain karena dapat bekerja hampir di segala bidang.
Hari ulang tahun Donal diakui jatuh pada tanggal 9 Juni 1934,[3] hari saat Donal muncul pertama kali, tapi dalam film The Three Caballeros, ulang tahunnya jatuh pada hari Jumat ke-13, bahkan, menurut kartun Donald's Happy Birthday, ulang tahun Donal jatuh pada tanggal 13 Maret.
Suara Donal yang terkenal disuarai oleh Nash, namun ia mengisi suara Donal hanya sampai tahun 1985, sejak tahun 1985, Donal disuarai oleh Tony Anselmo yang telah dilatih oleh Nash sendiri.

DONAL BEBEK DALAM FILM ANIMASI
Kehadiran Awal
Menurut Leonard Maltin, Donal dibuat oleh Walt Disney saat mendengar Clarence Nash mengucapkan suara bebeknya saat menceritakan "Mary had a little lamb". Miki Tikus telah kehilangan beberapa penggemarnya sejak menjadi model peran untuk anak-anak dan Disney ingin agar ada karakter yang bisa memberikan gambaran karakter dengan sifat negatif.
Donal muncul dalam film Silly Symphonies dalam cerita The Wise Little Hen pada tanggal 9 Juni, 1934. The Wise Little Henmengisahkan tentang seekor ibu ayam betina dengan anak-anak ayamnya yang meminta bantuan kepada Peter Pig dan Donal Bebek untuk memanen hasil kebun jagungnya. Tapi mereka selalu beralasan dengan berpura-pura sakit perut. Ketika jagung sudah dipanen, induk ayam tidak membuat kue jagung. Ia tidak memberi Donal dan Peter kue tersebut, malah memberi obat sakit perut. Tadinya pihak Disney semula berniat menjadikan Peter Pig sebagai bintang, namun yang menjadi bintang pada film itu justru adalah Donal Bebek. [5]
Bert Gillett, sutradara film The Wise Little Hen[5], membawa Donal kembali dalam kartun Miki Tikus, The Orphan's Benefitpada tanggal 11 Agustus 1934. Donal semakin terkenal pada film ini, dan dia disukai oleh banyak orang karena kekocakannya dalam film ini. Donal semakin terkenal dan terus meningkat popularitasnya. Karakter ini mulai muncul hampir di semua kartun Miki Tikus. Pada kartun tahun 1935 yang berjudul Konser Band, Donal berkali-kali mengganggu Orkestra Miki Tikus yang membawakan lagu The William Tell Overture dengan memainkan lagu Turkey in the Straw. Dalam film inilah Donal benar-benar menjadi bintang.
Tahun 1936, Donal mulai membintangi kartunnya sendiri, kartunnya yang pertama pada tanggal 9 Januari 1937 adalah Don Donald. Cerita ini juga memperkenalkan pacar Donal, Desi Bebek (di dalam film ini disebut Donna Bebek. Keponakan Donal, Kwik, Kwek, dan Kwak, muncul pada tanggal 15 April 1938 dalam film Donald's Nephews, disutradai oleh Jack King (namun mereka sudah diperkenalkan oleh Al Taliaferro lebih dahulu melalui komik strip).

Donal Bebek Semasa Perang Dunia II
Lucu tidak tenang. Hal ini tidak aneh karena di era yang sama terlihat lahirnya dan berkembangnya Bugs Bunny juga popularitas Donal yang melonjak. Pada tahun 1949, Donal telah mengalahkan Miki Tikus sebagai karakter disney yang paling populer. Sebelum tahun 1941, Donal telah hadir dalam 50 kartun, sedangkan di antara tahun 1941 dan 1965, Donal telah hadir dalam 100 kartun.
Pada masa Perang Dunia II Donal Bebek juga digunakan sebagai propaganda berbentuk film, terutama pada film Der Fuehrer's Face yang muncul pada tanggal 1 Januari 1943. Didalam film itu, Donal bekerja di pabrik artileri di "Nutzi Land" (Nazi Jerman). Dia harus berjuang dengan waktu kerja yang sangat panjang, jumlah makanan yang sangat sedikit, dan harus memuja dan berkata Hail Hitler setiap dia melihat wajah Führer (Adolf Hitler). Terdapat banyak gambar Führer di tempat itu, contohnya saat Donal bekerja menutup amunisi, tiba-tiba muncul foto Führer, sehingga dia harus bekerja sambil berkata Hail Hitler. Bahkan, saat terdapat foto Führer yang terbalik, ia harus memujanya dengan keadaan terbalik dan berkata Hail Hitler. Foto Führer pun terus muncul dan sangat banyak, bahkan amunisi yang muncul dari yang sangat kecil sampai yang sangat besar, tentu saja hal ini membuat Donal sungguh menderita. Akhirnya Donal terbangun dan ternyata itu hanyalah mimpi buruk. Pada akhirnya, Donal melihat bayangan dan berkata Hail Hit.. namun ternyata itu adalah Patung Liberty dan lalu Donal bersyukur menjadi warga Amerika Serikat. Film Der Fuehrer's Face memenangkan Academy Award untuk Film Animasi Pendek pada tahun 1943, namun kini kartun ini telah dilarang beredar di televisi.
Kartun lain yang ada di periode perang dan berkisah tentang kehidupan Donal di Angkatan Darat Amerika Serikat dan melakukan wajib militer dalam pelatihan dibawah sersan Boris. Misi pertama Donal adalah mensabotase lapangan udara Jepang. Kartun-kartun tersebut adalah:
No.
Nama Film
Tanggal Debut
1
2
The Vanishing Private
3
Sky Trooper
4
5
The Old Army Game
6
Commando Duck
Pada film Donald Gets Drafted juga terdapat kisah saat pemeriksaan fisik Donal sebelum menjadi pasukan. Menurut pemeriksaan, tinggi Donal pendek dan tidak dapat membedakan biru dan hijau (buta warna), selain itu, sersan Boris juga berkomentar bahwa Donal tidak disiplin. Selain itu,
Donal muncul sebagai maskot di Skuadron Petarung ke-309 Army Air Corps[6] dan United States Coast Guard Auxiliary yang menunjukan Donal sebagai bajak laut yang siap untuk mempertahankan pantai Amerika Serikat dari para penyerang[7]. Donal juga muncul sebagai maskot dari Skuadron Petarung ke-415, Skuadron Petarung ke-438, Skuadron Pembombardmen ke-479, Pembombardmen ke-531.
Pada tahun 1984, selama perayaan ulang tahun ke-50 Donal, US Army mengangkat Donal menjadi sersan karena filmnya selama Perang Dunia II. Upacara untuk Donal sama dengan upacara pengangkatan militer lainnya, dengan Donal mengenakan seragam militer dan menerima sertifikat serta lencana sersan, setelah itu ia memeluk Desi Bebekdalam kegembiraan.
Selama Perang Dunia 2 berlangsung, film animasi Disney dilarang beredar di Eropa yang diduduki Nazi Jerman. Oleh sebab itu, diputuskan untuk mendapat penonton baru dari Amerika Selatan. Donal memutuskan untuk berlibur ke negara-negara Amerika Latin dengan asistennya, selanjutnya dibuatlah 2 film animasi. Yang pertama adalah Saludos Amigos, disinilah Donal bertemu denganJoe Carioca. Film kedua adalah The Three Caballeros. Pada film tersebut, ia bertemu dengan Panchito Pistoles.

Animasi Setelah Perang Dunia II
Banyak film-film Donal yang dibuat setelah Perang Dunia II berkisah tentang sang bebek yang diganggu oleh karakter-karakter lainnya. Donal berkali-kali diserang, diganggu dan diejek oleh keponakannya, lalu oleh Kiki dan Koko, selain itu ia juga diperlakukan hal yang sama oleh karakter lainnya seperti Humphrey si Beruang, Buzz si Lebah, "Serangga Botol", Burung Aracuan, "Louie si Singa Gunung", bahkan koloni semut. Hal ini membuat pengaruh terhadap artis-artis Disney yang akhirnya membuat cerita dengan tema "Donal menjadi korban perilaku yang buruk dari tokoh lainnya". Kemarahan Donal menjadi sangat kejam, sehingga menuai kritik karena film itu menjadi tidak lucu sama sekali.
Pada film Fun and Fancy Free yang muncul pada tanggal 27 September 1947, terdapat 2 bagian, yaitu "Bongo", namun Donal muncul dalam bagian cerita "Mickey and the Beanstalk", cerita yang menceritakan kembali Kisah Jack dan Kacang Ajaib, dengan Miki Tikus, Donal dan Gufi sebagai petani yang mencapai Istana Raksasa di langit dengan bantuan kacang ajaib.
Film Donal setelah Perang Dunia II juga ditampilkan dalam bentuk film pendidikan, contohnya Donald in Mathmagic Land (1959), dan muncul sebagai figuran dalam berbagai proyek-proyek Disney seperti contohnya The Reluctant Dragon (1941) dan Disneyland television show (1959). Acara Disneyland television show ini pun melahirkan karakter baru yang merupakan Paman dari Donal, yaitu Profesor Otto pada tahun 1961.

Film Donal Pada Tahun 1980 – Sekarang
Pada tahun 1985Clarence Nash meninggal, oleh sebab itu ia digantikan oleh Tony Anselmo, yang telah dilatih oleh Nash sendiri Suara Tony Anselmo untuk Donal muncul pertama kali dalam film Who Framed Roger Rabbit.
Donal juga muncul dalam banyak acara televisi yang berbeda dan film animasi pendek. Dia memainkan peran dalam film Lagu Natal Miki danGood Morning, Mickey!, selain itu, ia juga hadir sebagai figuran dalam film A Goofy Movie. Pada film Who Framed Roger Rabbit, Donal melakukan duel bermain piano dengan karakter Warner Bros.Daffy Bebek.
Donal juga muncul sebagai figuran dalam film Bonkers yang muncul pada tanggal 19 November 1993. Donal juga hadir dalam film:
·         Mickey's 60th Birthday (1988)
·         Pangeran dan Pengemis (1990)
·         A Goofy Movie (1995)
·         Fantasia 2000 (1999)
·         Mickey's Once Upon a Christmas (1999)
·         Mickey's House of Villains (2003)
·         Donald Enters Dave Rancilio! (2003)
·         Mickey's Twice Upon a Christmas (2004)
·         Mickey Mouse Clubhouse (2006)
·         Donald Duck Presents
·         Quack Pack (1996-1997)

Quack Pack
Donal mendapatkan film animasinya sendiri, yaitu Quack Pack yang muncul pada tanggal 2 September 1996. Pada film ini juga terdapat keluarga bebek dengan gambar yang sudah modern. Donal tidak lagi memakai baju pelaut dan topi pelautnya, namun ia mengenakan baju Hawaii. Kwik, Kwek, dan Kwak kini sudah remaja, dengan penampilan, suara dan karakter yang berbeda. Desi tidak lagi memakai baju pinknya dan memiliki tipe rambut yang berbeda. Namun, terdapat keanehan pada film ini, tidak ada anggota keluarga bebek lainnya yang muncul, dan Profesor Otto yang muncul dalam film ini, selain itu penduduk Kota Bebek adalah manusia, bukan bebek, atau binatang lainnya.

Duck Tales
Donal tidak banyak memainkan peran dalam film seri animasi DuckTales yang muncul pada tanggal 18 September 1987. Pada film itu, Donal dikisahkan bergabung dengan angkatan laut, dan harus menitipkan keponakannya, Kwik, Kwek, dan Kwak, kepada Paman Gober, yang selanjutnya harus mengurus mereka. Peran Donal di seluruh seri film ini sangat terbatas, dan ia hanya muncul dalam sedikit episode.

Donal juga memainkan peran penting dalam film Mickey Mouse Works dan House of Mouse. Ia memiliki kartunnya sendiri dalam film Mickey Mouse Works, selain itu pada saat judul kartun tersebut Mickey Mouse Works muncul, ia selalu muncul dengan berbagai cara untuk menunjukan tulisan "starring Donald Duck"(contohnya menaiki balon udara). Pada film House of Mouse, ia bersama Miki Tikus dan temannya yang lain mengurus sebuah klub malam. Klub tersebut selalu menampilkan film kartun Donal, Miki, Pluto, Mini, Desi, Gufi dan Profesor Otto.

Donal dalam Komik
Saat kartun Donal menikmati popularitas tinggi di Amerika Serikat dan di seluruh dunia, komik-komik Donal baik yang mingguan ataupun bulanan menikmati popularitas terhebatnya di banyak negara-negara Eropa, terutama di Norwegia dan Finlandia, dan juga DenmarkJermanItalia,Belanda, dan Swedia. Kebanyakan dari komik itu diproduksi oleh Perusahaan Disney cabang Italia dan oleh Perusahaan Disney Egmont di Denmark, Norwegia, Finlandia dan Swedia.
Menurut data tentang komik Disney di seluruh dunia, komik-komik Amerika, Italia dan Denmark disebar ke beberapa negara. Hampir di antara semua negara dibawah, publikasi komik Donal masih terus berlanjut: Australia, Amerika Serikat, Arab Saudi, Austria, Belgia, Belanda, Brazil,Bulgaria, Ceko, Denmark Kepulauan Faroe), Estonia, Finlandia, Guyana, Hungaria, India, Indonesia, Inggris, Islandia, Israel, Italia, Jerman, Kolombia, LatviaLithuania, Meksiko, Mesir, Norwegia, Perancis, Polandia, Portugis, Romania, RussiaSloveniaSpainSwediaThailand,Republik Rakyat CinaTurkiYunani, dan bekas Yugoslavia
Perkembangan Awal
Meskipun sebuah publikasi Disney yang bernama Mickey Mouse Annual pada tahun 1931 menyebutkan sebuah karakter bernama Donal Bebek, karakter ini muncul pertama kali di komik pada koran yang berdasarkan pada film pendek The Wise Little Hen dan dipublikasi tahun 1934, untuk beberapa tahun kemudian, Donal muncul dalam beberapa strip Disney, dan pada tahun 1936, dia telah berkembang menjadi salah satu karakter paling populer di komik strip Silly Symphonies . Ted Osborne adalah penulis utama komik strip tersebut, bersama Al Taliaferro sebagai artisnya. Osborne dan Taliaferro juga memperkenalkan beberapa karakter pembantu Donal, termasuk keponakannya, Kwik, Kwek, dan Kwak.
Pada tahun 1937, sebuah penerbit Italia bernama Mondadori membuat cerita pertama Donal Bebek dalam bentuk buku komik. Cerita 18 halaman yang dibuat oleh Federico Pedrocchi adalah cerita pertama yang mengisahkan Donal sebagai petualang, bukan sebagai pelawak. Perusahaan penerbit Fleetway di Inggris juga mulai mempublikasi buku komik Donal Bebek.

Perkembangan dibawah Taliaferro

Sebuah komik strip harian yang bernama Donald Duck yang digambar oleh Taliaferro dan cerita ditulis oleh Bob Karp mulai muncul di Amerika Serikat pada tanggal 2 Februari 1938. Taliaferro dan Karp membuat lebih banyak karakter untuk Dunia Donal Bebek. Anjing St. Bernard bernamaLubas, dan keluarganya termasuk sepupunya Agus Angsa dan Nenek Bebek. Juga munculnya pacar dari Donal, Desi Bebek. Taliaferro juga memberi Donal sebuah mobil, yaitu mobilnya yang berwarna merah berplat nomor 313 dengan jenis mobil Belchfire Runabout tahun 1934, pada sebuah cerita pada tahun 1938.

Publikasi dibawah Carl Barks

Pada tahun 1942, Western Publishing mulai membuat komik dan cerita tentang Donal dan karakter Disney lainnya. Bob Karp bekerja pada awal, membuat sebuah cerita bernama Donald Duck Finds Pirate Gold. Penerbit baru berarti ilustrator baru, seperti Carl Barks and Jack Hannah. Barks nantinya akan terus membuat komik dengan tema berburu harta karun.
Barks langsung mengambil alih publikasi atas versi buku komik Donal Bebek baik penulis dan ilustrator. Dibawah penanya, versi komik Donal Bebek bercabang lebih jauh dari rekan animasinya, menjadi lebih banyak tema petualangan, tingkat kemarahannya dikurangi, dan lebih pandai. Boris adalah karakter satu-satunya dari komik stripMiki Tikus yang muncul dalam Dunia Donal Bebek. Namun, di Kota Bebek,Donal bukanlah karakter utama yang selalu ditampilkan, melainkan Paman Gober yang lebih mendominasi muncul.
Barks juga membuat Kota Bebek untuk tempat tinggal Donal Bebek. Di Kota Bebek juga terdapat beberapa karakter pembantu, contohnya Untung Angsa (1948), Lang Ling Lung (1952), Gober Bebek (1947), Mimi Hitam(1961), Gover Bebek (1956), Gerombolan Siberat (1951), Titi, Tita, dan Tati (1953), Pokijan (1944) dan Roker Bebek(1961). Banyak karakter Taliaferro yang juga muncul dalam cerita buatan Carl Barks, termasuk Kwik, Kwek, dan Kwak. Barks banyak membuat kisah Donal yang berpetualang, dan Gober Bebek menjadi salah satu karakter favoritnya untuk berpasangan dengan Donal Bebek. Popularitas Gober berkembang, dan pada tahun 1952Gober Bebek akhirnya memiliki komiknya sendiri.
Pada saat ini, Barks lebih mengkonsentrasikan usahanya pada cerita-cerita Gober, dan kemunculan Donal lebih difokuskan pada komedi atau dia menjadi pembantu Gober, karena dia dikisahkan memiliki banyak sekali hutang kepada Pamannya yang sangat kaya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar